Universitas Trisakti Selenggarakan Pelatihan Project Management bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

  • 01 Juni 2024

Jakarta, 22 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa tingkat akhir, Universitas Trisakti sukses menggelar pelatihan project management bersertifikat. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 18 dan 22 Mei 2024, dilaksanakan di Auditorium Gedung M, Lantai 12, Kampus A Universitas Trisakti.

Pelatihan yang diikuti oleh lebih dari 40 peserta ini bertujuan untuk mengasah keterampilan penting yang diperlukan dalam dunia kerja. Para peserta, yang merupakan rekomendasi dari program studi masing-masing, dibimbing oleh mentor dari kalangan alumni Universitas Trisakti. Hal ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar langsung dari praktisi yang memiliki pengalaman nyata di bidangnya.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sesi pemahaman kasus, dimana para mentor memberikan skenario yang harus dipecahkan oleh peserta. Tahap ini dirancang untuk melatih kemampuan analisis dan perencanaan strategis. Setelah itu, peserta melakukan diskusi dan briefing dengan stakeholder terkait, untuk memahami peran dan kepentingan berbagai pihak dalam proyek tersebut.

Selanjutnya, peserta menyusun project plan yang mencakup timeline dan strategi implementasi. Dalam tahap ini, mereka juga merencanakan date meeting plan guna memastikan koordinasi yang efektif antar divisi dalam tim. Implementasi strategi dilakukan pada tahap project implementation, dimana peserta melaksanakan tugas sesuai rencana yang telah disusun.

Pada akhir pelatihan, dilakukan sesi review project untuk mengevaluasi kendala dan hambatan yang dihadapi selama implementasi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki di masa mendatang, serta mendorong peserta untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah.

Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan teknis dalam manajemen proyek, tetapi juga mengasah soft skill peserta, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen waktu. Dengan pelatihan ini, Universitas Trisakti berharap dapat mempersiapkan mahasiswa dan fresh graduate menjadi profesional yang siap menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.

Bapak Richy Wijaya W., SE., MM., C.R.A., C.R.P .,C.I.F.M.,M.C.E "Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja," ujar Bpk Richy.

Peserta pelatihan memberikan tanggapan positif, mengakui bahwa mereka memperoleh banyak ilmu dan pengalaman baru. Nia Suhernawati (Program Studi Sistem Informasi),[M1] salah satu peserta, mengatakan, " Acaranya seru banget dengan dibawakan oleh narasumber yang super aktif dan penyampaian materi sangat jelas. dan juga dapat menambah relasi pertemanan baru."

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, Universitas Trisakti terus menunjukkan komitmennya dalam mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang diperlukan di dunia kerja. 

  • Sumber : Pusat Karir Universitas Trisakti (DI)
  • Penulis : CDC USAKTI
Chat via Whatsapp