Tips Mengatasi Jobdesk yang Terlalu Banyak!

  • 14 Maret 2025
You Should Know

Buat sahabat karier yang sedang merasa kewalahan dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab di pekerjaan, yuk simak tips ini!

1. Prioritaskan Tugas dengan Metode yang Tepat
Yap, langkah pertama yang perlu kita lakukan ketika pekerjaan kita overload adalah menentukan skala prioritas.
Kalian bisa gunakan metode Eisenhower Matrix yang menentukan pekerjaan berdasarkan skala urgensi dan kepentingan.
Jangan ragu untuk mengatakan "tidak" jika memang melebihi kapasitas kalian dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

2. Manfaatkan Time Blocking
Cara ini untuk meningkatkan kualitas time management kita agar bisa bekerja lebih produktif, cepat, dan efisien menghindari multitasking.
Misalnya dengan membagi waktu 90 menit untuk tugas utama, kemudian istirahat 15 menit sebelum melanjutkan pekerjaan selanjutnya.

3. Manfaatkan Penggunaan Teknologi
Di jaman sekarang ini sudah sangat banyak tools untuk membantu task management kita, seperti Notion, ClickUp, Trello, dll.
Gunakan tools-tools ini untuk nge-track progress dan mengorganisir semua pekerjaanmu.

4. Delegasikan Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan Orang Lain
Tidak semua pekerjaan harus kita selesaikan sendiri.
Jika memang memungkinkan, membagi pekerjaan dengan rekan tim pastinya sangat membantu dan menghemat waktu.
Selain itu, kita juga bisa memberikan kesempatan kepada orang lain tersebut untuk berkembang

5. Jaga Kesehatan dan Keseimbangan Hidup
Kalo istilah jaman sekarang "Work Life Balance".
Menghadapi jobdesk yang banyak memang terkadang menantang tapi bukan artinya kita harus terjebak di lingkaran stres yang tidak ada habisnya.
Selalu ingat bahwa tubuh dan pikiran yang sehat juga aset untuk kita bisa bekerja lebih baik

  • Sumber : Pusat Karir Universitas Trisakti
  • Penulis : CDC USAKTI
Chat via Whatsapp